Produsen
Lampion

Call us on 087859802151

Jenis – Jenis Lampion yang Sering Digunakan di Indonesia

Lampion merupakan sebuah lampu tradisional yang terbuat dari rangkaian kayu dengan dilapisi kertas tipis, baik berwarna atau polos, dengan lilin sebagai sumbu utamanya. Ditemukan pertama kali di Cina, lentera tradisional ini kemudian mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, kemudian dikembangkan berbagai bentuk dari lampu Cina ini. Perkembangan ini disebabkan karena perubahan fungsi yang dihasilkan. Bermula sebagai media penerangan tradisional, kini ia telah menjadi sebuah simbol khusus milik etnik tertentu, lambang sebuah perayaan, hingga dibuat menjadi hiasan rumah dan kegiatan event luar ruangan. Terdapat berbagai jenis lampion yang sering digunakan di Indonesia. Perbedaan tersebut bisa disebabkan karena perbedaan bentuk, esensi hingga fungsi dari lampu tradisional itu sendiri. Jenis Lampion yang Paling Sering Digunakan di Indonesia
1. Jenis yang Berbentuk Bulat
Jenis ini merupakan jenis yang paling umum dan sering digunakan. Biasanya difungsikan sebagai penghias pada acara tahun baru Imlek milik masyarakat Tionghoa. Warnanya merah polos ataupun dengan hiasan kaligrafi.
Selain sebagai simbol perayaan, jenis ini juga sering digunakan untuk lentera dengan pemilihan warna lain yang lebih beragam. Selain sebagai penghias, jenis bentuk bulat seperti ini lebih difungsikan sebagai media penerangan.
2. Jenis yang Dapat Diterbangkan
Selanjutnya merupakan lampion yang dapat diterbangkan. Untuk jenis yang ini, biasanya berbentuk persegi panjang dengan kerangka dan kertas yang lebih tipis agar dapat terbang ke angkasa. Selain berbentuk persegi panjang, bisa juga dikreasikan dengan bentuk lainnya. Sama seperti jenis yang bulat, jenis yang kedua ini lebih dipentingkan nilai fungsionalitasnya daripada estetika. Sehingga akan difokuskan agar dapat terbang terlebih dahulu, apabila memiliki desain dan motif yang unik, hal tersebut merupakan nilai tambah.
3. Jenis yang Digunakan untuk Estetika
Jenis terakhir memang dibuat sebagai hiasan semata. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari bentuh tumbuhan, hewan hingga bangunan dan tokoh kartun. Bahannya juga tidak lagi terbuat dari kerangka bambu dan kertas, namun bisa terbuat dari bahan lain dan disesuaikan berdasar kondisi dan pesanan. Apabila Anda hendak berniat memakai lampion, sebaiknya memesan dan membelinya melalui Jezina Light. Disana tersedia beragam bentuk, jenis dan fungsi dari lentera ini yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *